Senin, 18 Juli 2011

mitoss Hadware

Apakah RAM merek Wahid akan membuat PC kita lebih cepat DALAM KEADAAN DEFAULT?
Mungkin ini pengetahuan umum yang tidak banyak orang tahu. Akhirnya hasilnya adalah salah kaprah.

Banyak orang beranggapan memory mahal akan lebih cepat. Yap itu kesalahan umum orang awam dan kebanyakan user. Menganggap RAM sekelas Corsair Dominator, etc yang pake heatsink serem-serem bakal menaikan performa komputer mereka. Mungkin memang menaikan performa, tetapi dalam daly use tidak terasa, dan ini hanya nampak dalam bechmarking saja. Secara kenyataan mo semahal apapun RAM-nya tidak akan menjadi lebih cepat 2x lipat lebih.

Lalu apa yang membuat suatu RAM lebih mahal dari yang lain? Kenapa Corsair XMS atau Dominator, ATau OCZ reaper, atau A-data eXtreme atau Team Xtreem lebih mahal ketimbang Visipro atau Vgen sekalipun? Walau kalau Anda pakai memroy tersebut sama-sama 2 GB juga akan sama saja rasanya?

Jawabannya adalah Memory kelas Wahid tersebut sudah memiliki test tersendiri untuk berjalan di atas referensi pabrik bahkan JEDEC(badan pembuat standarisasi RAM termasuk DDR, DDR2 dan DDR3 sekarang). Pada memory value, RAM tersebut hanya ditest berdasarkan referensi pabrik saja. Diatas itu, tidak bisa berharap jauh. Berbeda dengan RAM-RAM yang disebutkan dan beberapa yang sudah pernah gw coba. Mereka lebih tahan banting dengan mengutak-utik timing sampai mengikuti frekuensi yang tinggi yang tentunya pada value RAM hal ini agak sukar dilakukan.

Sekarang kita lihat sebenernya apa sih yang membedakan kalau begitu?

Simple, yang membedakan kinerja dari RAM-RAM tersebut adalah jenis IC yang digunakan(atau jenis Chipnya terserah lah mo pake sebutan apa). Jadi para produsen membeli chip tersebut dari pabrik lain dan membuat atau me-relabel chip tersebut. Intinya ada kemungkinan juga merek berbeda(contoh Visipro dan Vgen), tetapi jenis IC-nya sama.

Bagaimana kinerjanya? IMO ga akan lebih dari 5% perbedaan kinerjanya sehingga tak begitu terasa. Setidaknya untuk value RAM kebanyakan yang beredar di pasar menggunakan Chip/IC Hynix(Hyundai), Samsung, dan Nanya(agak jarang yang ini). bagaimana bisa melihatnya?

Nama Chip dengan mudah dilihat di atas IC yang menempel di Memory


Pada beberapa produsen malah emnempelkan sticker sehingga langsung ketauan:


Pada beberapa Memory wahid, mungkin akan agak sedikit sulit melihatnjya karena biasanya tertutup Heatsink-nya dan beberapa diantaranya tidak mengijinkan pembukaan heatsink-nya(alasan garansi). Salah satu contohnya adalah gambar di bawah ini, ini adalah contoh dari Team Xtreem menggunakan chip dari D9GKX


Selain D9GKX ada yang lainnya seperti D9GMH, etc.

Sehingga kesimpulannya, RAM bukan dilihat dari mereknya, atau juga bentuknya serta Harganya. Kalau Harga RAM sampai 5juta sekalipun dengan Heatsink macem-macem tapi dijalanin default, sama aja mubazir. Punya RAM 5 juta Heatsink macem-macem tapi chipnya Hynix atau samsung juga sama aja diboongin.

Tetap karakteristik dari Chip yang dipakainya yang akan menentukan kualitasnya. Dan perlu diperhatikan bahwa kinerja hampir rata2 seluruh RAM apabila dijalankan default adalah sama sehingga percuma beli RAM wahid tapi dijalanin default. Kualitas RAM yang biasanya dilambangkan dari harga-nya dapat dilihat dari kemampuannya untuk berjalan di timing ketat dan juga frekuensi tinggi.

Beberapa orang berpandangan sempit mengatakan bahwa model atau seri yang memiliki predikat "Overclocking RAM Module" hanya membodohi user saja. terserah saja untuk gw, tapi dengan catatan, gw ga akan beli RAM premium kalau Vgen atau Visipro bisa jalan harian di DDR2 1200 CL5 dengan Voltage 2,1 Volt dengan aman dan no Blue Screen. Atau bisa membuat gw dapet peringkat 13 di tangga OC dengan timing 3-3-3-9 di frekuensi 475Mhz di setrum 2,7Volt tanpa RAm jadi bego.

0 komentar:

Posting Komentar