Selasa, 05 Juli 2011

Indonnesia Rawannnn !!!!!!!!

Indonesia Rawan Serangan Asteroid karena Geografis

Jum'at, 1 Juli 2011 - 10:13 wib
Ahmad Taufiqurrakhman - Okezone
(ilustrasi: science.howstuffworks.com)
(ilustrasi: science.howstuffworks.com)
JAKARTA - Dalam sebuah studi terbaru, Indonesia masuk ke dalam daftar 10 negara yang berpotensi memiliki dampak terburuk jika terjadi serangan asteroid. LIPI berpendapat masuknya Indonesia ke dalam daftar tersebut mungkin dikarenakan lapisan tektoniknya yang dinamis.

"Saya sendiri tidak tahu menahu mengenai penelitian tersebut, begitu pula yang menjadi dasar pengklaiman tersebut, tapi menurut saya Indonesia masuk ke dalam tersebut mungkin dikarenakan aktivitas tektonik/pergerakan lempengan bumi Indonesia yang dinamis," ujar Dr. Heru Santoso, Deputy CEO for Research & Scientific Affairs LIPI, di Jakarta, Jumat (1/7/2011).

Heru menjelaskan bahwa aktivitas tektonik/pergerakan lempengan bumi Indonesia yang selalu bergerak, menjadikannya memiliki potensi dampak terburuk apabila mendapat tumbukan dari asteroid.

"Tidak heran Indonesia dan Jepang masuk ke dalam daftar tersebut, mengingat kondisi tektonik mereka yang cukup 'labil'," ungkap Heru.

Studi yang dilakukan oleh beberapa peneliti dari University of Southampton tersebut menyebut 10 negara yang berpotensi memiliki dampak terburuk apabila terjadi serangan asteroid, mereka adalah China, Indonesia, India, Jepang, AS, Filipina, Italia, Inggris, Brasil dan Nigeria.

Para ilmuwan di University of Southampton menggunakan perangkat lunak NEOimpactor, atau proyek Near Earth Object milik NASA, dalam melakukan penelitiannya.

Penelitian ini dilakukan menyusul ancaman asteroid bernama 2011 MD berukuran sebesar dua bus melintasi bumi dengan jarak sekira 12 ribu kilometer pada pekan lalu.

0 komentar:

Posting Komentar