Senin, 18 Juli 2011

Auto run

Kita sering kali jengkel dengan ulah virus yang dengan mudahnya menyebar melalui pertukaran data lewat Flash Disk. Kebanyakan virus-virus lokal memanfaatkan fungsi yang ada pada Windows untuk menyebarkan diri, dalam kasus ini melalui Flash Disk atau pun CD/DVD ROM, yaitu melalui fungsi Autorun.

Bagaimana solusinya? Pemecahan yang paling sederhana adalah dengan mematikan fungsi dari Autorun. Sayangnya, Windows XP tidak menyediakan cara mudah yang benar-benar dapat mematikan fungsi autorun pada Windows XP.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mematikan fungsi Autorun pada Windows tanpa menggunakan software tambahan.

(1) Klik pada menu Start, lalu pilih Run

(2) Ketikkan “regedit” (tanpa tanda kutip), lalu tekan tombol [Enter]. Akan terbuka jendela Registry Editor

(3) Masuklah ke dalam
“HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\explorer”

(4) Pada panel sebelah kanan, buat DWORD value baru dengan cara klik kanan daerah yang kosong, pilih New lalu pilih DWORD value (bila ternyata DWORD “NoDriveTypeAutoRun” sudah ada, klik dua kali DWORD tersebut dan ikuti langkah 6)

(5) Beri nama DWORD value dengan “NoDriveTypeAutoRun”

(6) Selanjutnya klik dua kali DWORD value yang baru saja dibuat, dan pada Value data isikan dengan karakter “b5″, sebelumnya beri tanda cek pada Hexadecimal. Klik OK. Tutup Registry Editor

(7) Sekarang coba tancapakan Flash Disk ke port USB Anda, maka tidak akan terjadi apa-apa, tidak ada lagi boks pertanyaan yang membosankan dari Windows. Bila efek belum terjadi, cobalah Restart komputer Anda terlebih dahulu

Lalu bagaimana dengan Windows Vista? Ternyata Vista telah memiliki integritas Control Panel yang cukup baik dari pada XP. Anda dapat mematikan fungsi Autorun di Vista melalui Control Panel. Ketikkan saja “autorun” pada bar pencarian yang ada di kanan atas jendela Control Panel. Cari dan klik pada hasil pencarian yang memiliki kata “disable Autorun”, pada jendela berikutnya, hilangkan centang pada “Enable Autorun”.

0 komentar:

Posting Komentar